Download Alight Motion versi Lama Bebas Watermark 2022 Gratis!

Sodea.id – Ingin membuat animasi dengan smartphone? Kamu bisa menggunakan Alight Motion, tersedia gratis untuk Android dan iPhone. Jika versi terbaru tidak kompatibel dengan device yang kamu miliki, maka bisa download Alight Motion versi lama.

Alight Motion versi lama akan lebih kompatibel dengan banyak device, terutama device dengan spesifikasi rendah. Jangan khawatir, Alight Motion versi lama tetap bisa digunakan untuk edit dan membuat video animasi, nyaris sama bagusnya dengan Alight Motion versi terbaru.

Review Aplikasi Alight Motion

Review Aplikasi Alight Motion

Apa sih Alight Motion itu? Jika kamu baru mendengarnya, Alight Motion adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat motion-designing dengan cepat dan mudah. Dengan Alight Motion, kamu bisa menambahkan gambar/audio, menyesuaikan warna, ekspor proyek editing video ke MP4 dan GIF.

Intinya, Alight Motion adalah aplikasi yang kamu butuhkan untuk membuat video animasi yang keren. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mendukung, sehingga kamu bisa membuat video animasi meskipun hanya menggunakan smartphone.

Ya, sekarang memang sudah banyak aplikasi canggih yang dibuat khusus untuk mobile. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, di mana proses pembuatan video animasi dan edit video hanya bisa dilakukan di komputer, itu pun komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Alight Motion sudah tersedia gratis di Google Play (Android) dan App Store (IOS). Tersedia juga Alight Motion berbayar, tentu dengan fitur yang lebih lengkap. Jika kamu profesional dan ingin hasil yang maksimal, bisa upgrade ke Alight Motion Pro.

Jika hanya menggunakan Alight Motion untuk latihan (misalnya), maka belum perlu upgrade ke versi pro. Alight Motion versi gratis dirasa memiliki fitur yang cukup mumpuni agar kamu bisa berlatih edit dan membuat video animasi dengan baik di smartphone.

Kenapa Harus Download Alight Motion Versi Lama?

Kenapa Harus Download Alight Motion Versi Lama?

Pertanyaannya adalah, kenapa harus menggunakan Alight Motion versi lama? Padahal Alight Motion versi terbaru lebih segala-galanya dari versi lama. Maksudnya, tentu versi terbaru adalah versi terbaik dari sebuah aplikasi, yang seharusnya digunakan oleh setiap pengguna.

Tidak ada aplikasi yang langsung sempurna, karena akan dikembangkan terus menerus untuk mendekati kesempurnaan tersebut. Makanya, yang membuat aplikasi disebut sebagai pengembang/developer, karena tugas mereka mengembangkan versi aplikasi agar lebih baik daripada versi sebelumnya.

Jadi, aplikasi versi terbaru akan menghapus masalah-masalah yang ada di aplikasi versi lama. Jadi, bug dan error yang mulanya ada di versi lama, akan hilang di versi terbaru. Selain memperbaiki bug dan error, aplikasi versi terbaru biasanya menambahkan berbagai fitur dan layanan.

Tentu, jika smartphone kompatibel dengan versi terbaru, maka wajib memperbarui aplikasi. Namun, bagaimana jika ternyata device yang dimiliki sudah tidak support lagi untuk memasang dan menjalankan Alight Motion versi terbaru?

Solusinya adalah dengan download Alight Motion versi lama, yang terbukti kompatibel dengan device. Menggunakan aplikasi versi lama memang menjadi solusi yang tepat jika device yang dimiliki sekarang tidak bisa menjalankannya, atau masih ada masalah di Alight Motion versi terbaru.

Di mana tempat untuk mengunduhnya? Kamu tidak akan bisa menemukan Alight Motion versi lama di Google Play/App Store. Jadi, harus mencarinya di internet agar bisa menemukan Alight Motion versi lama. Jangan khawatir, di bawah sudah dirangkum link download Alight Motion lama, bisa kamu gunakan gratis.

Fitur Unggulan Alight Motion

Alight Motion menawarkan berbagai fitur dan keunggulan, yang akan mempermudahmu untuk edit video atau membuat video animasi yang keren dan unik. Sebelum menggunakan Alight Motion, sebaiknya mempelajari fitur-fitur di dalamnya, agar bisa memaksimalkan aplikasi ini.

Berikut bisa dicek fitur unggulan dari Alight Motion :

1. Keyframe Animation

Keyframe Animation

Pertama ada Keyframe Animation, yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat objek statis (objek diam) lebih terlihat jelas. Keyframe Animation adalah salah satu kunci yang membuatmu bisa membuat video dengan efek yang indah.

Fitur ini juga membuatmu bisa menyesuaikan penampilan objek, untuk kemudian membuatnya bergerak dalam orbit. Bagaimana caranya? Mudah, caranya adalah dengan menggabungkan antara keyframe dengan timeline.

Keyframe Animation bukanlah fitur Alight Motion yang mudah untuk digunakan. Hanya mereka yang berpengalaman yang bisa menggunakan fitur ini. Namun jangan khawatir, pemula pun akan cepat menguasainya jika rajin belajar cara menggunakannya.

2. Tersedia Puluhan Efek Mengesankan

Tersedia Puluhan Efek Mengesankan

Video yang barus saja diambil dengan kamera atau HP masih mentah, dan tidak terlalu kelihatan menarik. Kamu butuh yang namanya aplikasi edit video, agar video mentah tersebut tampak lebih hidup dan berwarna. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan adalah Alight Motion.

Kenapa dengan Alight Motion? Karena Alight Motion memiliki puluhan efek mengesankan, yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Alight Motion juga sering memperbarui efek, sehingga jumlahnya semakin bertambah banyak.

Efek yang bisa kamu gunakan di Alight Motion dipisahkan menjadi berbagai tema atau kategori, seperti teks, gambar, warna, blur, cahaya dan lain sebagainya. Tentunya, ini memudahkanmu dalam memilih efek yang paling cocok untuk videomu.

3. Tersedia Font yang Banyak

Tersedia Font yang Banyak

Fitur unggulan dari Alight Motion berikutnya adalah tersedia aneka jenis font. Kamu bebas menggunakan font tersebut untuk menambahkan keterangan di video. Dengan font, maksud video yang sulit dipahami akan tersampaikan dengan mudah.

Tidak menemukan font favorit di Alight Motion? Tenang, jika kamu memang memiliki file-nya, bisa mengunggahnya ke Alight Motion. Jadi, opsi font yang bisa kamu gunakan di Alight Motion akan semakin banyak.

Kamu bisa menggunakan font yang cocok, sesuai dengan tema video yang sedang kamu buat. Ya, tidak semua font cocok dengan tema video, jadi harus dipilih font yang paling mewakili. Silakan pilih font mana yang cocok untuk diterapkan di video dengan Alight Motion.

4. Ekspor File ke Berbagai Format

Ekspor File ke Berbagai Format

Menariknya, kamu bisa memilih format video yang kamu inginkan di Alight Motion. Alight Motion mendukung ekspor file dalam berbagai format, mulai dari MP4, GIF, PNG dan lain sebagainya. Hal ini bisa memberikanmu banyak opsi, tergantung kebutuhan.

Ya, tidak semua format video bisa diputar dan dijalankan dalam sebuah perangkat. Di HP dengan spesifikasi minimalis, hanya beberapa format video saja yang bisa diputar. Dengan fitur di Alight Motion, kamu bisa memilih format yang bisa diputar di device milikmu.

Tidak hanya bebas menentukan format video saja, kamu juga bisa memilih resolusi video, mulai dari SD hingga HD. Resolusi SD adalah yang paling jelek, namun ukurannya kecil. Sedangkan resolusi HD sudah bagus, namun ukurannya akan ikut besar.

Intinya, tentukan sendiri format video dan resolusinya di Alight Motion. Aplikasi ini bisa memfasilitasimu untuk edit dan membuat video sesuai dengan kebutuhan. Sangat jarang ada aplikasi mobile seperti Alight Motion ini.

5. Tersedia Tutorial yang Terperinci

Tersedia Tutorial yang Terperinci

Bagi pemula, apalagi yang belum pernah edit video dengan aplikasi, menggunakan Alight Motion akan terasa sulit. Siapa pun akan merasakannya, karena edit video merupakan proses kreatif yang panjang, tidak kelar dengan sekali duduk.

Kabar baiknya, Alight Motion memiliki dokumentasi dan tutorial yang sangat lengkap. Kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar lebih dalam bagaimana cara menggunakan fitur-fitur yang ada di Alight Motion. Jika kamu berusaha keras, tidak akan butuh waktu lama untuk menguasai aplikasi tersebut.

Jika dokumentasi dan tutorial di Alight Motion masih kurang lengkap, kamu bisa mencari video tutorial dari sumber lain. Di Youtube ada banyak, kamu hanya harus mencarinya sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan begini, kamu akan bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Alight Motion.

6. Edit Video Bebas Watermark

Edit Video Bebas Watermark

Download Alight Motion versi lama memungkinkanmu bisa edit dan membuat video animasi yang bebas watermark. Ya, kamu tidak perlu upgrade ke versi pro untuk menikmati fitur ini, yang jarang dimiliki oleh aplikasi edit video lainnya.

Watermark memang tidak akan menjadi masalah, apalagi jika kamu edit video hanya untuk latihan dan senang-senang saja. Namun berbeda jika kamu edit video dan membuat video animasi untuk tujuan profesional, tentu watermark akan sangat mengganggu.

Watermark identik dengan layanan gratis, dan biasanya bisa dihapus dengan upgrade aplikasi ke versi premium. Namun, kamu tidak perlu melakukannya jika menggunakan Alight Motion. Jadi, bisa bebas membuat video terbaik yang bebas watermark.

7. User Friendly

User Friendly

Alight Motion termasuk aplikasi edit video yang paling user friendly. Fitur-fiturnya memang tidak mudah dipahami oleh pemula, karena edit video memang butuh skill yang mumpuni. Namun begitu, tampilan dari Alight Motion sangat ramah pengguna, sehingga mudah untuk dioperasikan.

Aplikasi yang baik memang harus bisa memberikan pengalaman yang luar biasa kepada penggunanya. Sejauh ini, Alight Motion mampu memberikan pengalaman terbaik dalam hal edit video dan membuat animasi kepada penggunanya.

Aplikasi jarang crash meskipun masih menggunakan versi yang lama. Aplikasinya juga sering kompatibel dengan berbagai perangkat, meskipun spesifikasinya minimalis. Intinya, Alight Motion selalu menjadi salah satu aplikasi edit video terbaik untuk mobile.

8. Dukungan Vektor dan Bitmap

Dukungan Vektor dan Bitmap

Alight Motion juga telah mendukung vektor dan bitmap, bisa kamu gunakan untuk membuat karya yang luar biasa. Jadi, ketika kamu ingin upload video hasil editan ke platform media sosial seperti Youtube, video tersebut akan mendapatkan tanggapan yang baik dari pemirsa.

9. Ringan dan Tidak Memakan Banyak Ruang

Ringan dan Tidak Memakan Banyak Ruang

 Alight Motion adalah aplikasi edit video yang ringan, tidak akan membebani RAM device sama sekali. Jadi, aplikasi  bisa dijalankan dengan baik dan tanpa masalah di device dengan RAM yang biasa saja. Jadi kamu bisa edit video dengan nyaman dan lancar.

Selain tidak membebani RAM, ukuran Alight Motion juga relatif kecil. Maksudnya, ini menjadi kabar yang bagus buat kamu yang memiliki device dengan memori yang hampir penuh. Jadi, tetap bisa memasang Alight Motion dan menggunakannya dengan baik.

10. Aman dan Rahasia

Aman dan Rahasia

Maksudnya adalah, developer Alight Motion tidak akan menyebarkan data pengguna dan menjualnya. Informasi yang kamu masukkan ke Alight Motion tetap menjadi aman dan rahasia. Jadi tidak perlu waswas ketika menggunakan aplikasi ini.

Download Alight Motion Versi Lama

Download Alight Motion Versi Lama

Jika kamu memiliki masalah dengan Alight Motion versi terbaru, seperti sebagian fungsi yang tidak bekerja dengan baik, maka bisa menggunakan Alight Motion yang lama. Jadi, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi, sampai masalahmu dibereskan oleh developer.

Berikut bisa dicek link download aplikasi Alight Motion versi lama, barangkali bisa cocok dengan device yang kamu gunakan :

VersiLink Download
Versi 2.8.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=49515901
Versi 3.1.4https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=50638023
Versi 3.2.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=51346727
Versi 3.2.1https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=51477615
Versi 3.3.4https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=52023129
Versi 3.3.5https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=52491922
Versi 3.4.2https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=53162702
Versi 3.4.3https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=53338065
Versi 3.5.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=53924524
Versi 3.6.1https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=55165787
Versi 3.6.2https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=55936474
Versi 3.7.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=57204588
Versi 3.7.1https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=57239442
Versi 3.8.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=58385706
Versi 3.9.0https://alight-motion.id.aptoide.com/app?store_name=aptoide-web&app_id=58584291

Cara Download Alight Motion Versi Lama

Cara Download Alight Motion Versi Lama

Alight Motion versi lama memang tidak bisa kamu download dari Google Play. Alight Motion yang tersedia di Google Play adalah yang versi terbaru. Kalau ingin mencari versi lama, bisa melakukannya di internet. Di atas telah kami sediakan link untuk download Alight Motion lama.

Berikut cara download Alight Motion lama ;

  • Klik link download Alight Motion dengan versi yang kamu inginkan.
  • Begitu situs tujuan terbuka, langsung klik Unduh.
  • Selanjutnya unduhan akan dimulai secara otomatis.
  • Jika unduhan tidak segera dimulai, bisa Klik Di sini.
  • Selesai, sekarang tunggu proses download Alight Motion lama hingga selesai.
  • Setelah selesai, kamu bisa segera memasang aplikasinya.

Cara Memasang Alight Motion Versi Lama

Cara Memasang Alight Motion Versi Lama

Seperti yang kamu tahu, Alight Motion versi lama tidak berasal dari Google Play. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi tidak resmi, namun bukan aplikasi ilegal. Karena tidak berasal dari sumber resmi, biasanya Android akan menolak pemasangannya.

Namun jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi kok, yaitu dengan mengizinkan Android agar memasang aplikasi di luar sumber resmi. Nah, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang Alight Motion versi lama :

  • Setelah download selesai, jangan langsung install Alight Motion.
  • Namun, buka Pengaturan di HP, masuk ke menu Privasi dan Keamanan.
  • Selanjutnya centang di opsi Sumber Tidak Terkenal.
  • Setelahnya buka File Manager dan masuk ke folder Download.
  • Lalu cari dan klik Alight Motion APK versi lama.
  • Tunggu proses instalasi Alight Motion versi lama hingga selesai.
  • Setelah selesai, sekarang kamu bisa menggunakan Alight Motion versi lama tersebut, pastinya kompatibel dan bisa berjalan dengan lancar.

Cara Menggunakan Alight Motion

Cara Menggunakan Alight Motion

Berikut cara singkat tentang bagaimana cara edit video menggunakan aplikasi Alight Motion :

  • Buka Alight Motion, lalu klik + untuk membuat proyek baru.
  • Atur setting proyek yang kamu inginkan, mulai dari aspek rasio, jenis background, frame rate dan lainnya. Jika sudah, tinggal klik Create Project.
  • Selanjutnya tambahkan background, caranya klik + dan pilih Image & Video lalu pilih foto/video yang dijadikan latar.
  • Kemudian buat layer dengan bentuk yang kamu inginkan, caranya klik ikon Hack lalu klik + dan pilih Shape.
  • Lalu atur warna, border, efek, opacity dari shape yang dimasukkan.
  • Selanjutnya secara berurutan klik Blending & Opacity > Lighten > Screen.
  • Setelahnya atur durasi animasi, jangan lupa untuk menyesuaikan layar dengan durasi animasi.
  • Selanjutnya berikan efek animasi, dengan klik Shape lalu pilih Move & Transition > Add Kayframe.
  • Selanjutnya atur gerakan sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Jika video animasi tersebut sudah cukup oke, kamu bisa menyimpannya dengan klik ikon exportpilih video dan klik Export.
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan proyek tersebut.

Kamu bisa download Alight Motion versi lama jika ada masalah dengan Alight Motion versi terbaru. Kamu juga bisa melakukan hal ini, jika ternyata Alight Motion tidak kompatibel dengan device milikmu. Fitur dan fungsinya tidak terlalu berbeda, jadi tidak perlu khawatir.

Baca Juga: