6 Cara Membuat Email Baru Gmail, Outlook dari HP Laptop/PC, dll

Sodea.id – Saat ini email memang sudah menjadi media komunikasi yang sering dipergunakan oleh banyak orang. Umumnya, di dalam dunia kerjalah email akan sangat dibutuhkan. Maka dari itu, penting untuk kamu ketahui bagaimana cara membuat email baru dengan mudah dan melalui perangkat yang berbeda.

Email merupakan singkatan dari electronic mail, yakni pesan yang didistribusikan melalui sarana pos elektronik dan memiliki fungsi untuk pertukaran pesan secara instan. Nantinya, proses distribusi pesan ini dapat dilakukan dari satu sistem ke sistem lain dengan bantuan jaringan internet yang ada.

Seiring berjalannya waktu, akan ada semakin banyak jasa yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat email baru seperti ini. Namun, untuk yang paling populer sendiri adalah Gmail dan Yahoo. Kendati demikian, masih ada beberapa jasa lainnya lagi yang bisa kamu manfaatkan dengan sebaik mungkin.

6 Cara Membuat Email Baru dengan Mudah dan Lancar

Umumnya, seseorang yang masih awam dengan dunia per-email-an seperti ini akan merasa bingung dengan cara yang bisa dilakukannya untuk membuat email baru. Namun, sebenarnya cara membuat email baru bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang.

Bahkan, sekarang kamu juga tidak hanya bisa membuat email baru dari perangkat laptop saja, tapi kamu juga bisa membuatnya dari perangkat HP atau smartphone juga. Yang penting, kamu sudah tersambung dengan jaringan internet yang stabil. Sekarang, simak dengan baik caranya berikut ini:

1. Cara Membuat Email Baru di HP melalui Aplikasi Gmail

Cara Membuat Email Baru di HP melalui Aplikasi Gmail

Saat ini, Gmail telah berhasil menjadi layanan email yang paling banyak digunakan oleh semua orang, bahkan tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Pada dasarnya, banyaknya pengguna Gmail ini disebabkan oleh semakin meningkatnya pengguna Android di dunia ini.

Sebab, akun Gmail bisa digunakan untuk login ke banyak aplikasi Google yang ada di dalam perangkat smartphone milikmu. Selain itu, akun Gmail juga bisa digunakan untuk login ke banyak aplikasi yang dikelola oleh pihak ketiga. Maka dari itu, simak dengan baik cara membuat email baru berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dan mengakses aplikasi Gmail yang ada di dalam perangkat terlebih dahulu.
  • Setelah sampai di halaman utamanya, klik simbol “Profile Picture” yang berada di bagian kanan atas.
  • Setelah itu pilih menu yang bernama “Add Another Account”, dan pada halaman set up email kamu bisa memilih opsi “Google”.
  • Kamu akan dialihkan ke halaman sign in yang dalam hal ini kamu perlu menekan opsi “Create Account”.
  • Pastikan kamu memilih opsi email yang tepat, apakah email tersebut akan digunakan untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan bisnis.
  • Setelah memilih opsi tersebut, masukkan nama depan, nama tengah, dan nama belakang di bagian kolom yang tersedia. Lalu klik tombol “Next”.
  • Jangan lupa juga untuk memasukkan tanggal lahir serta jenis kelamin dengan tepat, untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Pilih alamat email yang direkomendasikan Google atau kamu juga bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan keinginan.
  • Buat kata sandi yang sulit ditebak namun mudah diingat oleh dirimu sendiri. Kemudian klik tombol “Next”.
  • Nantinya, kamu akan diperlihatkan dengan kotak yang bertuliskan “Private & Terms” yang dalam hal ini kamu perlu membacanya secara seksama. Jika kamu sudah menyetujui kebijakan tersebut, maka kamu hanya perlu menekan tombol “I Agree”.
  • Selesai, email baru telah berhasil kamu miliki.

2. Cara Membuat Email Baru di Laptop melalui Situs Gmail

Cara Membuat Email Baru di Laptop melalui Situs Gmail

Cara membuat email baru yang selanjutnya ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat laptop melalui situs resmi Gmail. Cara ini juga bisa dilakukan secara mudah oleh siapapun yang memiliki perangkat laptop yang telah tersambung dengan jaringan internet berkualitas.

Untuk memperlancar proses pembuatan email baru seperti ini, kamu memang membutuhkan jaringan internet yang stabil. Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa faktor terpenting dari cara membuat email baru ini adalah kualitas dari jaringan internetnya tersebut. Sementara itu, untuk caranya sendiri adalah:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat email baru di laptop adalah dengan membuka situs resmi Gmail melalui aplikasi browser yang terpasang di perangkatmu tersebut.
  • Nantinya, di halaman utama situs kamu bisa memilih opsi “Buat Akun” yang umumnya berada di bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian buat akun Google untuk dijadikan email Gmail yang sesuai kebutuhanmu sendiri.
  • Di halaman selanjutnya, kamu bisa mengisi bagian nama depan, nama tengah, nama belakang, alamat email, dan kata sandi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.
  • Setelah mengklik tombol “Berikutnya”, kamu perlu memasukkan nomor HP yang masih aktif kamu gunakan. Nantinya, nomor HP yang didaftarkan ini akan digunakan untuk fitur 2-step verification.
  • Setelah melakukan tahapan di atas, kamu bisa mulai memasukkan tanggal lahir dan jenis kelamin yang sesuai. Kemudian klik tombol “Berikutnya”.
  • Jangan lupa untuk membaca kebijakan, privasi, dan persyaratan yang diterapkan oleh Gmail kepada para penggunanya, dan jika kamu sudah membacanya dengan seksama kamu bisa menekan tombol “Saya Setuju”.
  • Selesai, untuk masuk ke akun Gmail yang telah kamu buat tersebut, kamu hanya perlu memasukkan alamat email dan kata sandi yang sesuai dengan data yang sudah didaftarkan tersebut.

3. Cara Membuat Email Yahoo Baru di HP

Cara Membuat Email Yahoo Baru di HP

Cara membuat email baru selanjutnya bisa dilakukan melalui situs resmi Yahoo. Pada dasarnya, Yahoo dan Gmail merupakan jasa pembuatan email yang saling berbeda satu sama lain. Sehingga, tidak mengherankan jika kebijakan yang diterapkannya pun juga akan berbeda satu sama lain.

Maka dari itu, ketika kamu ingin membuat email baru dari Yahoo, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu kebijakan yang ada di dalamnya tersebut. Dengan begitu, alamat email yang kamu daftarkan tersebut bisa semakin terjaga keamanannya. Sementara itu, untuk cara membuatnya adalah:

  • Pertama-tama, kamu harus membuka situs resmi Yahoo terlebih dahulu melalui perangkat HP yang hendak kamu gunakan.
  • Setelah itu, di halaman utama situs kamu bisa menekan opsi “Login/Daftar” dan kemudian di halaman selanjutkan pilih opsi“Daftar”. Biasanya opsi ini akan ada di bagian bawah.
  • Isi nama akunmu secara baik dan benar, kemudian jangan lupa juga untuk melengkapi data-data lainnya yang tidak kalah penting untuk pembuatan email Yahoo baru tersebut.
  • Setelah data sudah terisi secara tepat, masukkan juga nomor HP yang masih aktif untuk digunakan proses verifikasi.
  • Nantinya, kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang kamu daftarkan tersebut, dan setelah kode OTP berhasil kamu terima, masukkan kode tersebut di kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik tombol “Verifikasi”.
  • Selesai, kamu sudah berhasil mendaftarkan email baru di situs resmi Yahoo. Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan email ini secara bebas dengan ketentuan yang menyesuaikan aturan Yahoo.

4. Cara Membuat Email Yahoo Baru di Laptop

Cara Membuat Email Yahoo Baru di Laptop

Selain dari perangkat HP atau smartphone, kamu juga bisa melakukannya melalui perangkat laptop. Biasanya, para pekerjalah yang akan melakukan tahapan-tahapan ini. Sebab, laptop akan menjadi media terbaik untuk para pekerja yang hendak membuat email baru.

Untuk membuat email Yahoo baru di perangkat laptop, kamu bisa mengikuti beberapa tahapan yang ada di bawah ini:

  • Pertama, perlu mengakses situs resmi Yahoo terlebih dahulu melalui aplikasi browser yang ada di dalam perangkat laptopmu.
  • Sama halnya seperti membuat email Yahoo baru melalui perangkat HP, untuk tahapan selanjutnya adalah kamu perlu menekan opsi “Login/Daftar” yang umumnya terletak di bagian atas halaman.
  • Di halaman selanjutnya, lengkapi data diri secara tepat, mulai dari nama depan, nama tengah, nama belakang, alamat email, hingga kata sandi harus diisi dengan data yang baik dan benar.
  • Setelah mengklik tombol “Lanjutkan” di halaman sebelumnya, di halaman ini kamu bisa memasukkan nomor HP yang masih aktif.
  • Nantinya, nomor HP yang didaftarkan ini akan digunakan untuk menerima kode OTP melalui SMS. Maka dari itu, nomor HP yang didaftarkan harus masih aktif dan bisa menerima SMS.
  • Setelah kode berhasil kamu terima, masukkan kode tersebut di kolom yang sudah tersedia di dalam situs Yahoo.
  • Klik tombol “Verifikasi” dan tunggu sampai layar menunjukkan halaman selanjutnya. Ketika proses pembuatan email Yahoo baru ini telah berhasil dilakukan, nantinya akan muncul notifikasi yang menyebutkan keberhasilan tersebut.
  • Selesai, email Yahoo yang telah kamu buat sudah bisa digunakan secara bebas, baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan bisnis.

5. Cara Membuat Email Outlook Baru melalui Perangkat HP

Cara Membuat Email Outlook Baru melalui Perangkat HP

Saat ini Outlook juga semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jumlah penggunanya terus meningkat seiring popularitasnya yang semakin tinggi. Oleh karena itu, penting juga untuk kamu ketahui bagaimana cara membuat email baru di Outlook melalui perangkat HP.

Pada dasarnya, cara membuat email baru yang satu ini tergolong sangat sederhana, sehingga semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut kami sampaikan cara yang tepat untuk membuat email Outlook baru dengan mudah:

  • Untuk mengawali tahapan ini, kamu perlu membuka situs resmi Microsoft terlebih dahulu di aplikasi browser yang ada di perangkat HPmu. Sebab, Outlook sendiri salah satu layanan yang diberikan oleh perusahaan besar bernama Microsoft.
  • Setelah sampai di halaman utama situs tersebut, kamu bisa menekan menu “Dapatkan Alamat Email Baru”. Umumnya menu ini akan langsung terlihat begitu kamu sampai di halaman utama.
  • Di halaman selanjutnya, kamu bisa memasukkan username yang sesuai dengan keinginan, yang dalam hal ini tidak boleh terjadi kesamaan antara akun milik orang lain dengan akun milikmu sendiri.
  • Kemudian isi kolom kata sandi dengan kombinasi yang rumit, supaya kata sandi tersebut tidak mudah ditebak oleh pihak lain.
  • Masuk ke halaman selanjutnya, kamu perlu mengisi kolom nama depan dan nama belakang secara tepat. Selain itu, kamu juga perlu mengisi kolom negara dan tanggal lahir sesuai dengan data dirimu sendiri.
  • Selesaikan Captcha yang muncul di layar, dan ikuti instruksi selanjutnya untuk masuk ke halaman berikutnya.
  • Selesai, kamu telah berhasil membuat email Outlook yang baru.

6. Cara Membuat Email Outlook Baru melalui Perangkat Laptop

Cara Membuat Email Outlook Baru melalui Perangkat Laptop

Ketika kamu memiliki alamat email Outlook, kamu akan lebih mudah untuk mengirim dan menerima pesan melalui layanan ini. Apalagi jika mengingat sekarang ini beberapa perangkat laptop diharuskan login dengan menggunakan alamat email Outlook yang dimiliki masing-masing orang.

Pada dasarnya, membuat email Outlook baru melalui perangkat laptop tidak jauh berbeda dengan cara membuat email baru di situs Outlook melalui perangkat HP. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan dan memahami cara-caranya berikut ini:

  • Sama halnya seperti cara membuat email Outlook baru melalui perangkat HP, untuk membuat email Outlook baru melalui perangkat laptop kamu juga perlu mengakses terlebih dahulu situs resmi Microsoft.
  • Setelah sampai di halaman utama situs tersebut, pilih menu “Dapatkan Alamat Email Baru”. Kamu tidak perlu khawatir karena menu ini akan langsung terlihat begitu kamu masuk ke halaman utama situs Microsoft.
  • Di halaman selanjutnya, isi bagian username dengan nama yang sesuai keinginan, lalu lanjutkan dengan mengisi kolom kata sandi dengan menggunakan kode rumit yang tidak mudah ditebak.
  • Di bagian selanjutnya kamu perlu mengisi bagian nama, mulai dari nama depan hingga nama belakang yang sesuai.
  • Pilih negara Indonesia dan masukkan tanggal lahir yang sesuai dengan data dirimu sendiri.
  • Selesaikan Captcha dengan memasukkan data yang benar, dan ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan proses pembuatan email Outlook baru ini.
  • Selesai, kamu telah berhasil membuat email Outlook baru yang dapat digunakan secara bebas.

Fungsi Email dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Email dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bagi beberapa orang yang masih merasa asing dengan dunia teknologi dan digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, mungkin mereka masih belum paham betul tentang apa fungsi sebenarnya dari alamat email tersebut.

Sebab, alamat email biasanya tidak hanya dibutuhkan untuk bekerja saja, tapi alamat email juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dari setiap individu yang ada. Maka dari itu, ketahui juga fungsi dari email berikut ini setelah kamu memahami cara membuat email baru yang ada di atas:

1. Mengirim dan Menerima Pesan Tertentu

Fungsi email yang paling umum dikenal oleh banyak orang adalah untuk mengirim dan menerima pesan dari seseorang atau organisasi tertentu. Pesan penting ini dapat terkirim ke tujuan dalam jangka waktu yang cepat, bahkan bisa dibilang hanya dalam hitungan detik saja.

Kendati demikian, tingkat kecepatan pengiriman pesan melalui alamat email ini akan ditentukan oleh jaringan internet yang sedang kamu gunakan. Semakin baik kualitas jaringan internet yang kamu gunakan, maka semakin cepat pesan tersebut sampai di alamat email tujuan.

2. Mendaftarkan Akun Media Sosial

Ketika kamu mendaftarkan akun di semua jenis media sosial, kamu pasti akan diwajibkan memasukkan alamat email milik kamu pribadi. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa salah satu fungsi dari email adalah untuk mendaftarkan akun media sosial secara baik dan benar.

Jika kamu belum memiliki alamat email namun ingin memiliki media sosial tertentu, maka kamu harus membuat email baru terlebih dahulu. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengikuti cara membuat email baru yang ada di atas.

3. Identitas Diri

Di dunia internet, email akan menjadi identitas diri yang wajib dimiliki oleh setiap penggunanya. Jadi, bisa dibilang memiliki email sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pengguna internet.

Alasannya adalah, karena email sering menjadi syarat mutlak untuk melakukan proses verifikasi data yang terjadi di internet.

Pahami cara membuat email baru yang ada di atas, supaya kamu tidak mengalami kesulitan ketika melakukan aktivitas ini. Selain itu, kamu juga perlu memastikan jasa layanan email yang kamu pilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, supaya email tersebut bisa berguna dengan baik.