Cara Daftar Shopee Food Merchant via Online + Syarat Lengkapnya

Sodea.id – Zaman sekarang, usaha yang tidak dilakukan dengan memadukan penjualan langsung dan online akan sulit untuk mendapatkan cuan. Untungnya dengan mengetahui cara daftar Shopee Food yang akan dibahas di bawah ini, hal itu tidak mustahil.

Karena dengan bergabung ke platform ini penjualan berbagai jenis produk makanan secara online bisa berjalan dengan mudah. Jadi pastikan untuk menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara daftar selengkapnya.

Syarat Daftar Shopee Food

Ada banyak sekali persyaratan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum mendaftar ke Shopee Food atau menjadi merchant. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh semua calon merchant 

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Foto halaman depan buku tabungan.
  • Sebagian foto menu yang tersedia.
  • Formulir registrasi merchant, surat perjanjian kerja sama, lembar informasi merchant. 

Cara Daftar Shopee Food

Cara Daftar Shopee Food

Cara daftar Shopee Food tidak bisa dilakukan secara instan karena akan ada proses verifikasi terlebih. Sebelum memulai usaha siapkan berbagai jenis dokumen lalu lakukan pendaftaran dengan cara berikut ini.

  1. Mengisi formulir pendaftaran Shopee Food. 
  2. Siapkan semua dokumen persyaratan sesuai dengan apa yang sudah didaftar sebelumnya. Usahakan untuk disiapkan secara lengkap untuk memudahkan proses pendaftaran.
  3. Kirim formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Normalnya Tim Shopee Food akan melakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu dan membutuhkan waktu kurang lebih 3×24 jam sebelum akhirnya menghubungi via telepon atau email.
  4. Apabila ada dokumen yang belum lengkap maka Tim Shopee Food akan mengkonfirmasi  dahulu. Selanjutnya bisa langsung dilakukan proses pemeriksaan ulang.
  5. Dalam email akan ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi. Isi seluruh dokumen dan kirim kembali kepada ke email.
  6. Jika dokumen telah lengkap, proses pendaftaran akan dilanjutkan secara langsung oleh tim 
  7. Setelah semua data lengkap maka harus menunggu terlebih dahulu selama maksimal 20 hari sebelum akhirnya aktif menjadi merchant. Jadi, segera lengkapi seluruh keperluan yang dibutuhkan.
  8. Tidak ada salahnya untuk selalu melakukan pengecekan pada email untuk mengetahui apakah pendaftaran sudah sukses atau tidak.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Dokumen yang Harus Disiapkan

Selain beberapa persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Terdapat beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk calon merchant perorangan atau perusahaan.

1. Calon Merchant Perorangan

  • Memiliki KTP/KITAS.
  • NPWP.
  • Foto buku tabungan bagian depan.
  • Lima foto menu populer berukuran 720 x 720 pixel, resolusi tinggi, dan berformat JPEG/JPG/PNG.

2. Calon Merchant Perusahaan

  • KTP/KITAS.
  • SIUP/TDUP.
  • NPWP.
  • TDP/NIB.
  • Surat keterangan domisili untuk berlokasi di luar Jakarta 
  • Akta pendirian.
  • Foto buku tabungan bagian depan.
  • Lima foto menu populer berukuran 720 x 720 pixel, resolusi tinggi, dan berformat JPEG/JPG/PNG.

Apabila ada dokumen yang kurang atau harus ditambahkan biasanya akan ada tim yang menghubungi.

Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum melakukan pendaftaran dan menjadi merchant resmi dari Shopee, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Potongan Sebesar 20 Persen

Potongan Sebesar 20 Persen

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran pada merchant Shopee Food adalah potongan sebesar 20%. Jadi harga makanan yang nantinya diterima akan mendapatkan potongan terlebih dahulu.

Apabila memberikan harga yang sama antara di aplikasi dan juga secara langsung beli ditempat akan mendapatkan kerugian. Itulah kenapa terkadang harga yang ada pada aplikasi jauh lebih mahal.

Ini dilakukan agar pendapatan yang nantinya diterima akan sesuai bahkan setelah dipotong oleh biaya layanan. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk menaikkan harga sebelum dipasang pada aplikasi untuk menghindari kerugian.

2. Dana yang Tertahan

Dana yang Tertahan

Ketika melakukan jualan dana tidak akan langsung masuk ke dalam satu yang dimiliki. Biasanya dan akan tertahan terlebih dahulu hingga akhirnya pembeli sudah mendapatkan barang ataupun produk yang dibeli.

Selanjutnya akan ada permintaan untuk melakukan pencairan. Dari permintaan pencairan itu maka dana baru bisa ditransfer ke dalam rekening yang sudah didaftarkan sebelumnya ketika melakukan pendaftaran.

Jadi siapkan dana sedikit lebih banyak untuk menghindari adanya modal yang tertahan. Jadi usaha bisa berjalan dengan baik sembari menunggu dana nantinya dicairkan.

3. Mengikuti Berbagai Jenis Promo

Mengikuti Berbagai Jenis Promo

Biasanya akan ada promo yang diberikan oleh pihak shopee food dan diikuti oleh semua merchant yang ada di dalamnya. Apabila sering mengikuti berbagai jenis promo yang ditawarkan umumnya bisa diprioritaskan.

Ini harus diperhatikan dengan baik karena tidak semua promo akan menguntungkan. Itulah kenapa hanya pilih berbagai jenis promo yang memang benar-benar menguntungkan dan bisa dilakukan setiap saat.

Salah satunya adalah promo yang berhubungan dengan potongan harga yang terkadang justru merugikan pihak dari pembeli. Intinya selalu lakukan analisis terbit dahulu terkait dengan promo ini agar jangan sampai menjerumuskan.

4. Kelengkapan Pendaftaran

Kelengkapan Pendaftaran

Kelengkapan pendaftaran ini sangat penting untuk mempercepat proses verifikasi hingga terdaftar resmi. Seperti yang sudah dibahas di atas kemungkinan besar akan ada waktu sekitar 20 hari.

Apabila kelengkapan pendaftarannya sangat sempurna dan tidak ada kekurangan sama sekali bisa saja prosesnya lebih cepat. Apalagi jika mercon tersebut memang berupa badan ataupun perusahaan.

Jadi sebelum mau launching produk yang nantinya akan dijual lebih baik mengurus terlebih dahulu. Jadi ketika sudah melakukan pembukaan dan menjual barang secara bersamaan juga bisa menjual secara online dengan menggunakan Shopee Food.

Ini akan memudahkan proses penjualan secara langsung sehingga dari kedua sisi bisa sama-sama menghasilkan. Jadi untuk pemesanan Shopee Food tidak perlu menunggu terlalu lama karena harus mengurus terlebih dahulu setelah buka 

5. Memilih Lokasi Strategis

Memilih Lokasi Strategis

Ketika berjualan salah satu hal terpenting yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah lokasi yang strategis. Meski jualan secara online tidak akan mempedulikan lokasi, ini sangat penting karena memudahkan driver untuk datang.

Apabila lokasinya sulit dicari maka driver dari shopee food juga akan sulit untuk menjangkaunya. Ini menyebabkan kemungkinan mengalami gagal ketika melakukan pemesanan akan sangat tinggi.

Apalagi saat ini sudah ada sistem untuk menyiapkan pesanan terlebih dahulu sebelum mencari driver. Besar kemungkinan pesanan sudah dibuatkan tetapi driver tidak datang sehingga pesanan dibatalkan.

6. Memahami Rating di Shopee

Memahami Rating di Shopee

Ada baiknya untuk memahami rating yang nantinya akan diberikan oleh para pembeli ketika menggunakan aplikasi. Rating ini sangat penting untuk menentukan kualitas dari layanan yang nantinya akan didapatkan.

Jika rating yang dimiliki sangat tinggi seperti selalu berada di atas 4, masyarakat akan lebih mudah tertarik dan melakukan pemesanan. Sebaliknya jika yang terjadi adalah rating buruk, akan lebih sulit untuk mempertahankan.

Itulah kenapa memberikan layanan terbaik apabila menggunakan aplikasi untuk berjualan adalah hal penting. Jika tidak maka berbagai jenis masalah akan muncul dan memicu masalah yang lebih serius.

Cara daftar Shopee Food akan memudahkan seseorang mendapatkan penghasilan lebih. Jadi usaha bisa melakukan promosi dengan lebih mudah ke berbagai sektor. Dampaknya cuannya didapatkan juga akan terus meningkat.