Menuju Desa Maju, Pemdes Susukan Terapkan SID

 Perkembangan dunia teknologi menjadi kebutuhan bagi setiap orang, termasuk dalam lembaga Pemerintahan. Penerapan dan pelaporan yang tak lagi menggunakan cara lama (konvensional) dan beralih pada sistem otomatis (Modern) sudah  mulai diterapkan oleh pemerintahan desa Susukan dengan menggunakan Sistem Informasi Desa (SID).

Kepala Desa Susukan M. Irfan Syahrizal mengatakan, untuk menerapkan SID awalnya sedikit mengalami kesulitan lantaran sistem tersebut membutuhkan ketelitian dan pengajuan secara berkelanjutan.

“kita awalnya agak sulit tapi secara perlahan mulai mengerti karena sudah disosialisasikan oleh Dinas Pemerintah Pemberdayaan Desa (DPMD),” ujarnya (27/7).

Menurutnya penggunaan SID sendiri sudah diatur dalam Undang – Undang Desa No. 6 tahun 2014  Pasal 86 tentang pengembangan Website Desa.

“semua aparatur didesa kami sudah saya intruksikan untuk memahami SID, agar pelayanan dan informasi bisa dengan mudah didapatkan,” katanya

Irfan sapaan akrabnya berharap, sistem informasi Desa mampu mewujudkan Desa yang mandiri, efisien, akuntable, trasparansi, serta memberikan daya Partisipatif masyarakat yang besar dalam kegiatan Pembangunan Desa.

“Untuk petugas pencacah data agar melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” harapnya

Sementara itu, Kasi Perencanaan Desa Susukan Zaenudin Abqory menambahkan, sosialisasi SID dilatar belakangi oleh banyaknya sistem Desa yang bersifat Webbased serta berbentuk online tentunya adalah pilihan banyak Desa terutama yang bersifat Free dan Open Source. Namun sayangnnya masih banyak Pemerintah Desa yang agak sulit menggunakannya, bahkan memeliharanya sehingga data yang tersimpan pada aplikasi tersebut terkena Deface Web.

“Kita terus lakukan sosialisasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman perangkat Desa/Operator Komputer/petugas pencacah data di Desa,” terangnya

Zae sapaan akrabnya, menginginkan kedepannya Pemerintah Desa mampu memiliki daya saing maju dengan segala fasilitas teknologi yang mumpuni.

“Kita mulai membangun untuk kemaslahatan bersama dan yang paling utama kita ingat adalah menciptakan kepuasan bagi masyarakat dalam berbagai bidang untuk kemajuan Desa kedepannya,” tegasnya

 

Sumber berita : http://publikbogor.com/2018/07/menuju-desa-maju-pemdes-susukan-terapkan-sid/

Menuju Desa Maju, Pemdes Susukan Terapkan SID