Aplikasi SIMDA

Aplikasi SIMDA merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendataan pada Sistem Informasi Manajemen Daerah yang memiliki tujuan mempermudah sistem manajemen pemerintahan dalam suatu desa. Aplikasi ini sudah disosialisasikan kepada seluruh pemerintahan desa di Indonesia agar lebih mudah dan terpadu dalam melakukan pelayanan pada masyarakat. Aplikasi ini membantu desa dalam mengatur data dan informasi tentang keuangan, aset daerah, kepegawaian, dan layanan publik yang terintegrasi langsung dengan pemerintah pusat sebagai bahan penilaian kinerja instansi daerah.

Dengan menggunakan aplikasi ini akan tercipta sebuah informasi yang akurat dan komperehensif yang dapat digunakan sebagai acuan keputusan pemerintahan. Selain itu, aplikasi ini akan melatih pelayanan pemerintahan daerah agar lebih baik dalam menangkap teknologi demi memperkuat basis pemerintahan daerah dalam melaksanakan otonomi daerahnya. Aplikasi ini etrbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kategori dan tujuan dari SIMDA itu sendiri.

 

SIMDA Keuangan

Aplikasi ini ditujukan untuk mengatur pengelolaan keuangan daerah yang sudah terintegrasi meliputi penganggaran, akutansui dan pelaporan, serta penatausahaan.

 

SIMDA BMD

Aplikasi ini juga ditujukan untuk mengawasi dan menngelola data dan informasi barang daerah meliputi perencanaan, pengadaan barang, penatausahaan, penghapusan rencana dan barang, dan akutansi barang.

 

SIMDA Gaji

Aplikasi ini digunakan untuk mengelola sistem penggajian tenaga kepegawaian yang berada di lingkungan pemerintahan desa. Dengan menggunakanaplikasi ini sistem penggajian akan bisa dikerjakan lebih cepat dan lebih akurat sehingga bisa mendapatkan laporan penggajian yang tersistemasi dan sesuai dengan kinerja yang dilakukan.

 

SIMDA Pendapatan

Sedangkan aplikasi ini digunakan untuk memaksimalkan data pajak atau restribusi daerah agar bisa mendapatkan laporan pengelolaan pendapatan yang akuntabel dan dapat diandalkan. 

Aplikasi SIMDA