Sistem Informasi Modern Untuk Desa

Walau teknologi telah mengalami perkembangan pesat, sistem informasi desa di Indonesia nyatanya masih tertinggal jauh dibandingkan dengan kota. Masyarakat yang menempati wilayah urban menikmati berbagai fasilitas dan akses tanpa mengalami kesulitan. Sementara daerah-daerah yang relatif terpencil harus mampu memanfaatkan teknologi yang sebenarnya sudah ketinggalan zaman.

Memperkenalkan sistem informasi modern di desa

Salah satu faktor utama yang membuat sebagian besar desa di Indonesia masih terbelakang adalah keengganan orang-orang untuk mengembangkannya. Warga yang tinggal di desa memilih mengadu nasib di kota besar dengan harapan dapat lebih beruntung. Padahal, ada satu cara yang sebenarnya dapat diterapkan tanpa harus meninggalkan desa, yakni memperkenalkan teknologi canggih dari kota yang mampu meningkatkan kesejahteraan.

Dalam hal ini, pendekatan bisa dimulai dari hal yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari: gadget atau gawai. Walau belum semaju di kota, desa-desa di Tanah Air sudah menggunakan perangkat seperti komputer dan ponsel untuk memudahkan aktivitas masyarakatnya. Peluang tersebut semestinya dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang berkecimpung di bidang teknologi untuk menciptakan aplikasi desa.

Mengapa aplikasi? Pasalnya, platform atau software tersebut sangat dekat dengan pemakaian komputer dan ponsel. Bahkan sekarang masyarakat tidak harus tergantung pada aplikasi buatan pengembang dari luar negeri, karena ada produk-produk lokal yang kualitasnya tak kalah bagus. Hal ini akan sangat cocok dengan warga desa yang rata-rata masih mempunyai keterbatasan dalam berbahasa Inggris. Tak hanya itu, dengan bantuan teknologi, masyarakat pedesaan dapat hidup makmur seperti orang perkotaan.

Berbagai manfaat yang didapatkan dari aplikasi desa

Dapat meningkatkan sistem informasi desa merupakan manfaat yang akan dirasakan warga yang menetap di pedesaan. Jika biasanya mereka harus berkutat dengan buku dan alat hitung manual, kini mereka hanya perlu memasukkan data atau input dan mengoperasikan aplikasi untuk mengolah dan mendapatkannya dalam waktu singkat. Platform maupun software yang dirancang sedemikian rupa pun akan menampilkan akurasi tinggi, sehingga kesalahan perhitungan atau pendataan dapat dikurangi.

Kemudian, perekonomian pedesaan pun dapat dibantu dengan pemakaian aplikasi. Selama ini, petani maupun pemilik kebun kerap dirugikan karena mereka harus menjual hasil tani dan kebun dengan harga murah. Sementara saat diolah, hasil akhirnya dibanderol dengan harga tinggi. Namun, berkat aplikasi dan sistem informasi desa online, hasil tani dan kebun mereka tidak harus melewati rantai distribusi panjang lagi dan bisa langsung dijual dengan nilai sepantasnya kepada end user.

Bukan cuma urusan perkenomian, potensi pariwisata di desa yang jarang tersorot dapat dipromosikan melalui aplikasi. Dengan begitu, selain mengundang wisatawan dari berbagai tempat, promosi yang tepat pun akan menarik pemerintah setempat untuk membangun sarana dan pra-sarana yang mumpuni. Jika diterapkan dengan tepat, sektor pariwisata akan menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar.

 

Aplikasi tepat untuk mengenalkan teknologi di desa

 

Kontribusi dari pihak-pihak yang ahli di bidangnya untuk mensejahterakan warga desa belum lengkap tanpa instrumen yang tepat. Dalam hal ini, SODEA menghadirkan solusi yang menawarkan berbagai kebutuhan yang mampu mewujudkan manfaat-manfaat di atas. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur dan layanan yang mampu mengolah informasi penting.

SODEA juga sanggup membantu pembinaan sampai pengawasan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah dan publik. Dengan berbagai kelebihan dan kelengkapan yang ada, aplikasi ini diharapkan mampu memenuhi kepentingan dan kebutuhan sistem informasi desa secara maksimal dan sesuai.

Sistem Informasi Modern Untuk Desa